Translate

Kristal tirosin adalah kristal yang sangat halus, berbentuk jarum yang mengalami refraksi ketika bergerombol. Kristal tirosin sebenarnya tidak berwarna, namun jika bergerombol bentuk jarum dari tirosin seringkali tampak berwarna hitam, terutama di bagian tengah, tetapi kristal tirosin dapat menyerap warna kuning ketika terdapat bilirubin di urin.
Kristal tirosin mempolarisasi cahaya  dan larut dalam amonium hidroksida dan asam klorida tetapi tidak larut dalam asam asetat.
Tirosin dan leusin adalah kristal asam amino dan sering muncul bersama-sama dalam penyakit hati yang parah. Tirosin tampak sebagai jarum yang tersusun sebagai berkas atau mawar. 
Kristal tirosin tidak ditemukan pada urin yang  normal. Kristal tirosin dapat muncul pada urin yang bersifat asam terutama pada penderita penyakit hati, tirosinosis dan penyakit urin oast house. Tirosinosis adalah kelainan metabolisme bawaan yang ditandai dengan sirosis hati, rakhitis yang resisten terhadap vitamin D, kelainan tubulus ginjal multipel, dan metabolisme l-tirosin yang abnormal.
Penyakit urin oast house adalah suatu kondisi medis ini pertama kali dideskripsikan pada tahun 1958 dan awalnya disebut “penyakit urin Oast House”. Bayi itu memiliki rambut putih, hiperpnea, kejang, dan keterbelakangan mental. Urinnya memiliki bau yang khas dan unik seperti rumah oast (bangunan untuk mengeringkan hop).
Rumah oast (bangunan untuk mengeringkan hop)
Tanaman Hop
Sumber Gambar
-www.cdn.mos.cms.futurecdn.net/8hV3vXffLuCwxsrMpTJNGn.jpg

Referensi
-Basuki P. Dasar-Dasar Urologi. Jakarta: Sagung Seto; 2011
-Soenanto HSK. Hancurkan Batu Ginjal Dengan Ramuan Herbal. Jakarta: Puspa Swara; 2012. https://books.google.co.id/books?id=JJl27OifRnsC&printsec=frontcover&h l=id#v=onepage&q&f=false.
-www.jamanetwork.com/journals/jamapediatrics/article-abstract/502059#:~:text=TYROSINOSIS%20is%20an%20inherited%20metabolic,and%20abnormal%20l%2Dtyrosine%20metabolism. (diakses 17 November 2022)
-www.accessanesthesiology.mhmedical.com/content.aspx?bookid=2674&sectionid=220538263#:~:text=This%20medical%20condition%20was%20first,(building%20for%20drying%20hops). (diakses 17 November 2022)
-www.healthline.com/health/urine-crystals#types (diakses 1 Februari 2024)

(ditinjau ulang tanggal 1 Februari 2024)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama