Translate

Entamoeba histolytica adalah protozoa komensal (apatogen) yang hidup di usus besar manusia, namun pada kondisi tertentu dapat berubah menjadi patogen dengan cara membentuk koloni di dinding usus. Pada kasus yang parah, patogen tersebut dapat menembus dinding usus sehingga besar kemungkinan akan timbul ulserasi. Penyakit yang ditimbulkan oleh Entamoeba histolytica dinamakan amebiasis yang dikenal juga sebagai disentri amoeba yang dapat menyebabkan kematian.
Entamoeba histolytica pertama kali ditemukan oleh Losch (tahun 1875) dari tinja disentri seorang penderita di Leningrad, Rusia. Pada autopsi, Losch menemukan Entamoeba histolytica stadium trofozoit dalam ulkus usus besar, tetapi ia tidak mengetahui hubungan kausal antara parasit dengan kelainan ulkus tersebut. 
Pada tahun 1893 Quinche dan Roos menemukan Entamoeba histolytica stadium kista, kemudian untuk membedakannya dengan Entamoeba coli, Schaudinn (1903) memberi nama spesies ini dengan Entamoeba histolytica
Sepuluh tahun kemudian Walker dan Sellards di Filipina membuktikan dengan eksperimen pada sukarelawan, bahwa Entamoeba histolytica merupakan penyebab kolitis amebik dan Entamoeba coli merupakan parasit komensal dalam usus besar.
Morfologi 
Entamoeba histolytica memiliki tiga stadium yaitu: 
1. Bentuk histolitika 
2. Bentuk minuta 
3. Bentuk kista 
1. Bentuk histolitika
Bentuk histolitika dan minuta merupakan bentuk trofozoid, bedanya bentuk histolitika bersifat patogen dan lebih besar apabila dibandingkan dengan bentuk minuta. Bentuk histolitika memiliki ukuran 20-40 mikron, mempunyai inti entameba yang terdapat di endoplasma. Ektoplasma bening homogen terdapat di bagian tepi sel, dan dapat dilihat secara nyata. Pseudopodium yang dibentuk dari ektoplasma, besar dan lebih seperti daun, dibentuk secara mendadak, dan pergerakannya cepat. Endoplasma berbutir halus, biasanya tidak mengandung bakteri atau sisa makanan, tetapi mengandung sel darah merah. 
Perbedaan bentuk histolitika dengan minuta
Endoplasma bentuk histolitika mengandung sel darah merah (natur.cuni.cz)
Bentuk kista ini patogen dan dapat hidup di jaringan usus besar, hati, paru, otak, kulit dan vagina. Bentuk ini berkembang biak secara belah pasang di jaringan dan dapat merusak jaringan tersebut sesuai dengan nama spesiesnya. 
2. Bentuk minuta 
Bentuk minuta adalah bentuk pokok, dengan ukuran 10-20 mikron. Inti entamoba terdapat pada endoplasma yang berbutir-butir. Endoplasma tidak mengandung sel darah merah, tetapi mengandung bakteri sisa makanan. Ektoplasma tidak nyata, hanya tampak bila terbentuk pseudopodium. 
Bentuk minuta (mikrobiologie.lf3.cuni.cz)
Entamoeba histolytica biasanya hidup sebagai bentuk minuta di rongga usus besar manusia, berkembang biak secara belah pasang, kemudian dapat membentuk dinding dan berubah menjadi bentuk kista. Minuta berkembang biak secara belah pasang dan hidup sebagai komensal di rongga usus besar, tetapi dapat berubah menjadi histolitika yang patogen. 
3. Bentuk kista 
Bentuk kista dibentuk di rongga usus besar, ukurannya 10-20 mikron, berbentuk bulat lonjong, mempunyai dinding kista dan ada inti entamoeba. Pada tinja bentuk ini biasnya berinti satu atau dua, ada pula yang berinti dua. Di dalam inti terdapat benda kromatid yang cukup besar menyerupai lisong, dan terdapat vakuola glikogen. Kromatid dan vakuola glikogen merupakan tempat cadangan makanan, karena itu terdapat pada kista muda. Namun demikian kista matang tidak ada vakuola glikogen dan kromatid. 
Kista E. histolytica tanpa pewarnaan, tanda panah menunjukkan benda kromatoid dengan ujung tumpul dan membulat (CDC.gov)
Bentuk kista tidak patogen, namun menjadi faktor infektif. Kista dikeluarkan bersama tinja. Bentuk kista dapat bertahan lama diluar tubuh manusia.
Klasifikasi 
Kingdom : Amoebozoa 
Fillum : Archamoebae 
Kelas : Tubulinea 
Ordo : Amoebida 
Sub-ordo : Tubulina 
Famili : Endamoebidae 
Genus : Entamoeba 
Spesies : Entamoeba histolytica
Siklus hidup 
Kista matang yang resisten merupakan stadium infektif, jika termakan seseorang, akan tahan terhadap keasaman lambung. Di dalam usus halus karena pengaruh zat pencernaan yang netral atau basa serta karena aktivitas amoeba akan terjadi ekistasi tempat dinding kista akan musnah dan keluar amoeba dalam stadium metakista berinti empat yang akhirnya membelah diri menjadi empat trofozoit muda. Parasit ini akan terbawa isi usus untuk sampai pada usus besar. Disini terjadi penyerapan air sehingga isi usus makin kedistal akan bertambah kental. Hal ini merupakan ancaman bagi sehingga diperlukan perubahan dari bentuk trofozoit menjadi kista yang lebih resisten. Perubahan dari bentuk trofozoit menjadi bentuk kista disebut enkistasi yang biasanya terjadi di usus besar. Parasit yang secara normal hidup komensal di dalam rongga usus besar secara tiba-tiba dapat menjadi patogen dan menginvasi jaringan. Perubahan dari komensal menjadi patogen ini tidak diketahui dengan jelas. Bentuk patogen teryata lebih besar daripada bentuk komensal. Bentuk amoeba yang kecil disebut bentuk minuta.
Patologi klinis 
Umumnya seseorang yang terinfeksi oleh Entamoeba histolytica tidak mengalami perubahan yang signifikan dan dapat menghilangkan parasit tersebut tanpa menimbulkan penyakit. Akan tetapi, ada juga yang dapat menimbulkan penyakit dalam kurun waktu lebih dari satu tahun. Penyakit tersebut harus diobati agar tidak menular kepada lingkungan sekitar. 
Diare akan didahului dengan kontak antara stadium trofozoit Entamoeba histolytica dan sel epitel kolon, melalui antigen Gal/Gal Nacletin yang terdapat di permukaan trofozoit. Antigen terdiri dari dua kompleks disulfida. Kedua rantai tersebut dihubungkan dengan protein. Sel epitel usus yang berikatan dengan trofozoit akan berikatan tidak bergerak dalam waktu beberapa menit yang kemudian akan menghilang. Invensi ameba berlanjut menuju jaringan ekstra sel melalui sistem proteinase yang dikeluarkan trofozoit. Sistein proteinase akan melisiskan matriks protein ekstra sel, sehingga invensi trofozoit ke jaringan submukosa akan mudah. Trofozoit akan menembus dan bersarang di submukosa dan membuat kerusakan yang lebih luas pada mukosa usus, akibatnya terjadi luka yang disebut ulkus ameba. Bentuk klinis amebiasis yang banyak dikenal adalah amoebiasis intestinal (amebiasis kolon/usus) dan amoebiasis ekstra-intestinal. Amebiasis ekstraintestinal biasanya terjadi pada abses hati.
Diagnosis 
Diagnosis penyakit amebiasis adalah dengan menemukan parasit di dalam tinja atau jaringan. Diagnosis laboratorium dapat dibuat dengan pemeriksaan mikroskopis dengan menemukan parasit dalam biakan tinja sering dijumpai Entamoeba histolytica bersamasama dengan kristal Charcot-Leyden. Diagnosis yang sulit mengharuskan untuk melakukan pemeriksaan berulang-ulang. Kegagalan dapat terjadi apabila menggunakan teknik yang salah, pencarian parasit yang kurang teliti, atau juga sering dikacaukan dengan protozoa lain dan sel-sel artefak. Pada amebiasis kolon akut biasanya diagnosis klinis ditetapkan bila terdapat sindrom disentri disertai dengan sakit perut (mules). Biasanya gejala diare berlangsung tidak lebih dari sepuluh kali dalam sehari. Diagnosis laboratorium ditegakkan dengan menemukan Entamoeba histolytica dalam tinja. 

Referensi
-CHOU, Arthur; AUSTIN, Richard L. Entamoeba histolytica. 2020 : www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557718/ (diakses 27 Januari 2024)
-www.p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Entamoeba_histolytica (diakses 27 Januari 2024)
-Ginta Calvina Izumi Silalahi. GAMBARAN Entamoeba histolytica DENGAN KURANGNYA PENGETAHUAN POLA HIDUP SEHAT PADA SISWA SISWI SEKOLAH DASAR. KTI D III TLM. Poltekkes Medan : 2020.
-Yudanti, Grella Sari. (2017) IDENTIFIKASI Entamoeba histolytica PADA PASIEN DIARE DENGAN METODE SECARA LANGSUNG DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Karya Tulis Ilmiah thesis, Universitas Setia Budi Surakarta.

Gambar
-www.cdc.gov/dpdx/amebiasis/images/1/E_histodispar_2x2_C.jpg
-www.cdc.gov/dpdx/amebiasis/index.html
-www.natur.cuni.cz/fakulta/veda-a-vyzkum/popularizace/clanky/jsou-strevni-parazite-lidoopu-a-lidi-tak-blizce-pribuzni-jako-jejich-hostitele/entamoeba-histolytica/image_view_fullscreen
-www.mikrobiologie.lf3.cuni.cz/parazitologie-nova/Protozoa/Amoebozoa/Rhizopoda/Entamoeba-histolytica

Kuis
Bentuk prakista E.histolytica disebut juga dengan?
A.Bentuk histolitika
B.Bentuk minuta 
C.Bentuk kista 
D.Salah semua
(tulis jawabanmu di kolom komentar ya) 😉

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama